Ini Dia! Resiko Mengganti Template Pada Blog

0 komentar

Penting Atau Tidak Nya Mengganti Template Blog

Hal ini bermula dari keinginan saya mengganti template Blogger pada 22 Februari 2014. Sebenarnya alasannya cukup sederhana kenapa saya mengganti template blog. Pasalnya tombol reply pada komentar di blog ini tidak berfungsi. Meskipun sudah berburu artikel tentang cara mengatasi tombol reply yang error pada Blogtutorial dari berbagai sumber telah saya coba, tetapi tetap saja tidak membuahkan hasil. 

Sungguh tidak diduga, ketika saya sudah membuat cadangan template ini dengan menyimpannya di notepad, saya mencoba menghapus semua kode html pada edit template. Kemudian saya paste kode html template yang baru. Setelah pratinjau saya lihat hasilnya kurang memuaskan. Keinginan saya untuk mengganti template blog secara total akhirnya batal. Saya kembali menghapus seluruh kode template yang baru dan mengganti dengan kode template cadangan saya. Kemudian saya simpan. Dan.... apa yang terjadi? saya menyesal. Karena apa? Akan kita bahas dibawah.

Dari pengalaman saya diatas, sebaiknya perhatikan hal-hal dibawah ini sebelum kita akan mengganti template blog secara total.

Ketahui Dampak Ketika Mengganti Template Pada Blog Kita

1. Alexa Rank Merosot Tajam.


Ini hal yang cukup saya sesali, meskipun template baru hanya memuat pratinjau dan belum disimpan, tetapi ternyata penghapusan kode html template secara total berakibat fatal.

2. Robot Google Bingung.

Robot perayap Google yang sudah hafal dengan struktur dan susunan template blog kita, akhirnya harus menata ulang peng-index-an di blog kita. Selain itu, pengunjung blog juga akan menurun. Dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk Google merayapi dan menghafal template baru yang kita ganti.

Solusi

  1. Hindari terlalu sering mengganti template.
  2. Jika Alexa Rank Anda masih jutaan dan berkeinginan untuk mengganti template, pilihlah template yang nantinya benar-benar tidak akan Anda rubah secara total. Gunakan template yang ringan atau valid HMTL 5.
  3. Jika Anda kurang puas dengan template Anda saat ini, sementara Alexa Rank Anda sudah ramping, hindari untuk mengganti template secara total. Anda dapat mengedit atau memberikan sedikit pernak-pernik Blog agar terlihat lebih menarik.
Demikian sedikit pengalaman dan tips ketika akan mengganti template Blog.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar tentang postingan blog di atas :)
Mohon maaf bila membalas komentar anda, tenggang waktunya lama.
Yang mau copas, mohon cantumkan sumber postingannya.
Kalau pengunjung suka dengan postingan blog ini, ayo berlangganan! :)

 

©Copyright 2011 Heroine | TNB

Back to top